News, Jelang Akhir Tahun 2022, Dua Millenial Asal Sulsel Raih Penghargaan Dari Kementan, #petanimillenial,#petanimillenialsulsel,#penghargaan,#champion
Berita

Jelang Akhir Tahun 2022, Dua Millenial Asal Sulsel Raih Penghargaan Dari Kementan

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) menggelar acara Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian pada kamis (15/12). Acara yang berpusat di Kampus Polbangtan Bogor tersebut dilaksanakan untuk memberikan penghargaan terhadap insan pertanian yang selama ini telah aktif dalam mensukseskan pelaksanaan program utama BPPSDMP Kementan.

  • Nurlaily
  •   Jumat, 16 Desember 2022 20:21 WIB
  •   469


BOGOR - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) menggelar acara Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian pada kamis (15/12).
Acara yang berpusat di Kampus Polbangtan Bogor tersebut dilaksanakan untuk memberikan penghargaan terhadap insan pertanian yang selama ini telah aktif dalam mensukseskan pelaksanaan program utama BPPSDMP Kementan.

Kategori penerima penghargaan SDM Pertanian meliputi; Petani milenial inovatif, P4S model dan penyuluh pertanian berprestasi. Sedangkan apresiasi terhadap internal SDM pertanian berprestasi diberikan kepada dosen, PLP, cleaning service, driver hingga security lingkup BPPSDMP.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo merasa bangga dan mengapresiasi para insan pertanian serta champion terpilih atas dedikasinya selama ini.
"Saya sangat bangga dengan champion-champion yang terpilih. Tentu saja ini akan menstimulasi bagi banyak orang agar turun tangan di sektor pertanian" ucap Mentan saat memberikan arahannya.

Pada kesempatan ini, Mentan juga mendorong untuk melakukan regenerasi petani, sebab menurutnya Petani kita sekarang rata-rata 78 persen orang tua.
"Bonus demografi yang kita miliki 40 persen petani muda. Petani kita sekarang rata-rata 78 persen orang tua semua. Berarti anak anak kita belum kita turunkan. Saya berharap para champion lokomotif pergerakan ini harus terus bekerja lebih kuat," kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi menyampaikan, Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian Tahun 2022 merupakan agenda rutin BPPSDMP.

“Harmonisasi artinya penyesuaian dan penyelarasan. Maka harmonisasi diawali dari internal yang ada di BPPSDMP, baik personal, struktural, program, dan kegiatan. Dan hal ini menjadi kunci keberhasilan BPPSDMP", tutur Dedi.

Di samping itu, harmonisasi juga harus terjalin secara eksternal agar selaras dengan Eselon I Kementan, stakeholder lainnya yaitu Penyuluh Pertanian, Petani Milenial, Poktan, Gapoktan, P4S, KWT di seluruh Indonesia dari desa hingga pusat, sehingga menghasilkan simponi yang indah.

Dari daftar nama para Champion penerima Penghargaan terdapat dua petani milenial inovatif asal Sulawesi Selatan. Dua petani tersebut yaitu Nurlia asal Kabupaten Maros dan Ismail Azis asal Kabupaten Bulukumba.
Nurlia petani muda asal Maros merasa bangga, ia berharap penghargaan yang ia terima akan menjadi motivasi kerja lebih giat bagi dirinya dan juga petani milenial lainnya. “Suatu kebanggaan.semoga menjadi motivasi bagi saya dan teman teman petani milenial se-nusantara” ujar Nurlia sesaat setelah mendapatkan penghargaan.

Sama halnya dengan Nurlia, Ismail Azis petani milenial asal desa Bontomasila Kabupaten Bulukumba yang juga mendapatkan penghargaan, merasa bahwa Pemerintah telah memberikan kehormatan kepadanya.

“Penghargaan Petani Milenial Inovatif adalah sebuah kehormatan bagi saya, namun ini juga adalah tantangan agar bisa lebih memberikan hal yang inovatif terbaik di bidang Pertanian”.
Petani yang sudah menghasilkan 15 jutaan perbulan dari usaha jagung dan padinya tersebut sedikit kaget dengan pemberian penghargaan tersebut.

Kebiasaan sehari-harinya sebagai Petani yang juga ditambah kegiatan membina mitra tani dalam pengembangan peningkatan produksi dan pendapatan rupanya diapresiasi oleh Pemerintah.

“Harapan saya kedepan Khususnya petani milenial terus bergerak dengan mentalitas yang kuat menjadi pelopor pertanian yang inovatif, menjadi yang terdepan saling bergandengan, berkolaborasi untuk kemajuan bersama serta berpikir positif dalam setiap tantangan yang dihadapi”,tutup Ismail.

#SobatYESS Share Yuk!
Footer