News, Kementan bersama Kab. Hulu Sungai Selatan Siap Cetak Petani Muda, Program YESS,pusdiktan,Sobat YESS,kementerian pertanian
Berita

Kementan bersama Kab. Hulu Sungai Selatan Siap Cetak Petani Muda

Menyusul 15 Kabupaten Sebelumnya yang sudah Dahulu menjalan Program, Sekarang Kab. Hulu Sungai Selatan siap mendukung program penumbugan Generasi Muda di Sektor Pertanian

JAKARTA - Setelah sebelumnya dilakukan audiensi dengan Kab. Bogor melalui pertemuan dengan DCT Bogor di Setda Bogor, membahas perencanaan dan pengimplementasian tujuan program. Saat ini Kab. Hulu Sungai Selatan siap mendukung dengan penuh terimplementasikannya Program Youth  Entrepreneur  and  Employment Support Services (YESS).

Pemerintah Indonesia, bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD), Kementan menciptakan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas melalui Program YESS yang tersebar di 4 Provinsi di Indonesia diantaraya di Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. 

Tepat pada tahun 2023 program YESS melebarkan resonansinya ke 4 Potensi Kabupaten Baru meliputi Kab. Bogor di Provinsi Jawa Barat, Kab. Hulu Sungai Selatan (HSS) di Provinsi Kalimantan Selatan, Kab. Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur & Kab. Gawa di Sulawesi Selatan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegasikan bahwa Kementan telah menetapkan arah kebijakan pembangunan pertanian, yaitu pertanian maju, mandiri, dan modern yang menjadi pedoman untuk bertindak cerdas, tepat, dan cepat.

“Termasuk dalam mencetak petani muda dalam rangka proses regenerasi petani," katanya.

Hal ini selaras dengan yang disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi yang mengatakan, 

“Petani harus mengetahui proses dari mengolah lahan sampai packaging, bahkan penjualan. Hal ini akan menjadi nilai lebih buat petani," ujar Dedi.

Melalui dukungan penuh dari berbagai stakeholder ini nantinya dapat menjadi semangat bersama untuk membangun dan menciptkan petani - petani muda yang maju mandiri serta modern salah satunya petani muda di Kab. Hulu Sungai Selatan. 

Melalui potensi dan keadaan wilayah yang ada implementasi program YESS sangat adaptif salah satunya melalui intervensi bagi perempuan, suku adat, serta disabilitas atau yang lebih sering dikenal dengan istilah Gender Equality and Social Inclusion (GESI). Kabupaten HSS sangat potensial untuk melakukan implementasi dengan prisip GESI. 

Hal ini telah dikoordinasikan melalui pertemuan dengan District Implementation Team (DIT) Kab. Hulu Sungai Selatan pada 30 September 2023 yang dihadiri oleh Project Manager Program YESS beserta Pimpinan DIT setempat. 

Melalui kolaborasi bersama ini nantinya, diharapkan dapat menjadi booster bagi petani muda untuk semangat bertani dan menyebarkan energi positif bagi sekitar.

#SobatYESS Share Yuk!
Footer