News, Petani Muda Binaan Kementan Raih Juara 1 Lomba Stand di Pasar Leuweung, kementerian pertanian,YESS BPPSDMP,Polbangtan Bogor
Berita

Petani Muda Binaan Kementan Raih Juara 1 Lomba Stand di Pasar Leuweung

PPIU JABAR


CIANJUR - Petani milenial dari Kecamatan Naringgul yang tergabung dalam Program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Services) turut ambil bagian dalam acara "Pasar Leuweung" yang diselenggarakan di Wisata Alam Gunung Pabeasan, Desa Malati, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur. 

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pihak penting, termasuk Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cianjur, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV Cianjur, serta perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cianjur pada Minggu (25/8).

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menekankan pentingnya kontribusi generasi muda dalam pembangunan bangsa, khususnya di sektor pertanian yang terus berkembang. Selain itu, Mentan juga menyampaikan bahwa wisuda ini merupakan upaya memenuhi tantangan global untuk menyiapkan SDM unggul menuju Indonesia maju.

Secara terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Idha Widi Arsanti mengatakan di tangan milenial pembangunan pertanian akan dijalankan. Menurutnya, petani milenial adalah penggerak sektor pertanian, khususnya dalam menghadapi industri 4.0.

Kegiatan yang berlangsung di Pasar Pasisian Leuweung ini bukan hanya menjadi ajang promosi bagi produk lokal, tetapi juga sebagai bukti keseriusan para petani muda dalam mengembangkan usahanya. Dalam acara tersebut, stand milik petani muda Program YESS berhasil meraih penghargaan sebagai stand terbaik.

Gunung Pabeasan, yang sebelumnya dikenal sebagai hutan pinus milik Perhutani, kini bertransformasi menjadi destinasi wisata alam berkat inisiatif para pemuda dan dukungan pemerintah desa setempat. Keindahan alam Gunung Pabeasan kini menjadi daya tarik utama yang dimanfaatkan dalam acara seperti "Pasar Leuweung," yang sekaligus membuka peluang bagi petani lokal untuk memperluas pemasaran komoditas mereka.

Dengan partisipasi aktif dalam acara ini, diharapkan produk-produk yang diusahakan oleh para petani muda Program YESS dapat semakin dikenal luas, meningkatkan pemasaran, dan pada akhirnya mendongkrak pendapatan para petani di Kecamatan Naringgul. Pasar Leuweung tak hanya sekadar acara, tetapi juga momentum penting dalam pengembangan ekonomi lokal melalui kolaborasi antara pemerintah, pemuda, dan masyarakat.

#SobatYESS Share Yuk!
Footer